Ketahui Prinsip-Prinsip Dasar Sebelum Mendirikan Ruko

 Ruko atau rumah toko merupakan salah satu jenis bangunan yang banyak ditemukan di Indonesia. Baik di perkotaan maupun di pedesaan, saat ini bangunan ruko tengah menjamur dimana-mana. Hal tersebut dikarenakan bangunan yang biasanya dikerjakan oleh jasa desain ruko ini dianggap lebih efisien dan praktis karena bisa digunakan sebagai tempat usaha sekaligus tempat tinggal.



Karena memiliki dua konsep yang dijadikan menjadi satu, biasaya ruko dibangun oleh jasa desain ruko di area kompleks yang sama. Pada umumnya ruko terdiri dari dua tingkat, lantai utama untuk menjalankan bisnis, sedangkan untuk lantai dua difungsikan sebagai tempat tinggal. Nah jika kamu memutuskan untuk membangun ruko sendiri, pastikan kamu memahami prinsip-prinsip dibawah ini:

1. Pilih desain bangunan ruko

Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membangun ruko adalah menentukan desain bangunan. Jika kamu membeli ruko yang sudah jadi di area kompleks perniagaan, maka biasanya desain ruko akan sama antara satu ruko dengan ruko lainnya.  Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan kamu bisa membuat desain ruko yang berbeda sesuai dengan keinginan.

2. Riset lokasi

Untuk pemilihan lokasi, kamu bisa melakukan riset kecil terlebih dahulu untuk menentukan kelayakannya sebagai tempat usaha. Adapun untuk kelayakan salah satunya dilihat dari ukuran bangunan. Tentukan juga berapa jumlah lantai yang nantinya akan dibangun.

3. Pilih jasa bangun ruko terpercaya

Keberhasilan dalam membangun sebuah ruko tidak hanya ditentukan dari lokasi dan desain ruko saja, melainkan juga dari jasa pembangunnya. Dengan menggunakan jasa pembangun maka hasil dari bangunan ruko yang kamu harapkan akan sesuai dengan ekspektasi. Pastikan juga kamu memilih jasa yang terpercaya agar hasilnya memuaskan. Kamu bisa meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat yang sudah menggunakan jasa bangun ruko atau dengan melihat testimoninya melalui google.

5. Membuat RAB dengan cermat

Pastikan kamu juga sudah merencanakan RAB (Rancangan Anggaran Bangunan) yang cermat supaya aliran dana pembangunan ruko jelas. Sebab membangun ruko membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga semuanya perlu diperhitungkan secara jelas di awal. Dengan perhitungan yang jelas, maka alokasi dana yang dikeluarkan nantinya juga akan lebih bisa diprediksi.
Itulah beberapa prinsip-prinsip yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membangun ruko. Pastikan kamu mempersiapkan semuanya baik dari lokasi, jasa desain ruko hingga biaya semaksimal mungkin. Dengan perencanaan yang matang, bukan mustahil jika hasil yang kamu dapatkan akan memuaskan.

 

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Prinsip-Prinsip Dasar Sebelum Mendirikan Ruko"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel